Taman Buah di Perkantoran Bupati Deliserdang

 

Taman Buah, Lubukpakam, Deliserdang, Sumatera Utara.

Taman Buah ini terdapat di Kota Lubukpakam, ibukota Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara. Menariknya, Taman Buah ini berada di areal komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten Deliserdang. Taman Buah ini menempati lahan seluas 4 hektar atau sebagian kecil dari kawasan perkantoran bupati.

Aneka buah tropis dapat Anda temukan di sini. Mulai dari Manggis, Sukun, Rambutan, Nanas, Jambu Air, Durian, Jambu Bol, Jeruk Nipis, Jambu Biji, Duku, Mangga, Sawo Manila, dan banyak lagi buah lainnya. Buah-buahan ini boleh dipetik gratis oleh pengunjung saat masa panen.

Tidak hanya menikmati buah yang ada. Taman Buah ini didesain cantik layaknya taman bunga. Aneka ragam tanaman hias membuat Taman Buah ini terlihat semakin cantik. Dekorasi taman nan menarik dengan jalan-jalan setapak yang nyaman dijejaki membuat betah berlama lama berada disini.

Saat pertama kali memasuki taman ini Anda akan diarahkan pada sebuah jalan besar yang kedua jalurnya dibatasi dengan aneka tanaman hias ditengahnya. Mirip seperti konsep jalan raya. Sepanjang mata memandang keindahannya nyaris sempurna. Hampir tidak ada yang merusak pemandangan. Bebas sampah, padang rumput nan hijau, pepohonan buah yang tertata, bangku-bangku unik berbentuk buah, serta air mancur yang senantiasa menyala.

Bagaimana tidak, Taman Buah ini benar-benar dikelola serius dibawah Dinas Pertamanan Kab. Deliserdang. Para pekerja tetap yang membersihkan dan menata taman berjumlah 37 orang yang digaji Rp 2 juta lebih. Hm. Pantas saja.

Hamparan rumput terbentang luas yang dinaungi pepohonan durian nan tinggi. Sungguh nyaman dimanfaatkan untuk duduk santai di atasnya sambil memandangi aneka buah dan bunga yang sedap dipandang mata.

Tidak hanya buah dan tanaman hias, di sini juga terdapat tanaman obat keluarga atau TOGA yang menempati lahan khusus di tengah-tengah taman.

Di Taman Buah ini juga tersedia bangku-bangku tempat bersantai yang bentuknya dibikin mirip buah-buahan seperti pisang, nanas, dll.

Taman Buah ini juga sangat ramah bagi anak-anak. Disediakan arena bermain dengan berbagai wahana di tengah-tengah taman. Di taman ini juga terdapat toilet yang didesain dengan nuansa alam.

Meski berada di komplek perkantoran bupati, namun tempat ini terbuka untuk umum dan tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun perlu diingat, harus menaati peraturan yang ada. Seperti membuang sampah pada tong-tong yang disediakan berdasarkan jenis sampah. Juga tidak dibenarkan memburu hewan yang ada di sekitar sini.

Taman Buah ini juga menyediakan lahan parkir baik kendaraan roda dua maupun empat yang cukup luas.

Jadi, kalau sedang berkunjung ke Kota Medan jangan lupa mampir ke sini ya. Jarak dari Medan dapat ditempuh selama 30 menit saja. Atau berada persis di pusat kota Lubukpakam, Kab. Deliserdang.

8 thoughts on “Taman Buah di Perkantoran Bupati Deliserdang”

  1. Wah dekat ni dengan kampung saya ni… di sini memang enak untuk nongki bareng crucils karena rindang. Btw just koreksi aje, kalau angka di bawah 10, baiknya pakai kata bukan angka. Misalnya : empat hektare. Hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *