Pesona Pantai Tanjung Natuna

Hamparan pasir pantai nan luas

Kepulauan Natuna yang terletak di tengah-tengah Laut Cina Selatan (sekarang Laut Natuna Utara) tak heran memiliki pesona laut yang memesona. Hampir semua pantai yang ada dideburi ombak laut nan jernih. Salah satunya adalah Pantai Tanjung.

Pantai Tanjung merupakan salah satu pantai yang menjadi favorit warga Natuna. Tekstur pantainya yang luas mampu menyegarkan mata saat memandangnya. Banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai arena bermain. Jenis pasirnya yang khas yaitu berwarna kekuningan dan tekstur pasirnya yang sedikit keras sehingga tidak jarang dijadikan tempat bermain bola kaki pantai.

Tentu saja untuk bisa menikmati pasir pantainya yang luas harus datang pada saat air sedang surut. Waktu surut air laut sekitar pukul tiga sore hingga menjelang magrib. Namun, jika air laut sedang pasang pantai ini tetap dapat dinikmati dari pondok-pondok yang ada.

Deretan pondok-pondok yang terdapat di sekitar pantai tersebut bisa dijadikan sebagai tempat bersantai. Terdapat beberapa wargas setempat yang berjualan di bawah pepohonan kelapa di sekitar pondok. Tidak dikenakan biaya untuk menempatinya. Cukup dengan memesan makanan atau minuman yang tersedia.

Di Pantai Tanjung Anda bisa menemukan makanan khas Natuna yang dijual oleh pedagang di pantai tersebut. Salah satunya adalah Kernas. Kernas adalah panganan yang berbahan ikan. Makanan jenis gorengan ini berbentuk bulat pipih. Hampir semua makanan khas di Natuna tidak terlepas dari hewan laut.

Pada saat matahari bersinar terik, lautan luas tak bertepi ini akan menampakkan warna hijau merona. Warna laut pada waktu-waktu tersebut sangat bagus hasilnya saat difoto. Diperbolehkan untuk berenang di sekitar pantai. Namun tetap memperhatikan keselamatan terutama bagi anak-anak.

Secara geografis, Laut  Natuna Utara berbatasan langsung dengan Negara Vietnam hingga Tiongkok. Karena merupakan lautan lepas, maka perlu diperhatikan waktu-waktu yang tidak disarankan untuk mandi di pantai ini yaitu sekitar akhir tahun atau yang sering disebut dengan musim ‘angin utara’.

Yang menarik dari pantai ini adalah lokasinya yang terletak di tepi jalan, sehingga sangat mudah untuk ditemukan. Ibukota Kabupaten Natuna sendiri yaitu Ranai, merupakan pusat kota yang berada di pesisir pulau. Sehingga salah satu jalan kotanya terbentang di sepanjang bibir pulau. Saat berkendara melintasi jalan tersebut Anda akan disuguhi pemandangan laut di sepanjang perjalanan pada salah satu sisinya.

Menuju Ke Sana

Pantai Tanjung sangat mudah dijangkau dari pusat kota Ranai. Karena sama-sama berada di sisi timur. Hanya saja pantai ini agak menjorok ke arah timur laut. Dari Ranai cukup ditempuh dengan mengikuti satu sisi jalan saja.

Lama perjalanan dari Ranai ke Pantai Tanjung sekitar 20 menit perjalanan. Selama waktu tersebut Anda cukup mengikuti saja sepanjang jalan di pesisir pulau. Jalanan di sini tergolong sepi kendaraan. Meski begitu, Anda harus berhati-hati melintasinya. Jangan sampai terlena dengan arus jalan yang sepi serta suguhan pemandangan laut nan cantik di sisi kanan sepanjang perjalanan.

Terdapat tempat persewaan kendaraan di pusat kota Ranai baik roda dua maupun empat. Jika hendak menyewa mobil datangi saja penginapan-penginapan yang ada di pusat kota. Bahkan di beberapa rumah makan Anda bisa menemukan jasa sewa kendaraan. Tarif sewa mobil jenis minibus sekitar 400 ribu per hari.

Tidak jauh berbeda dengan mobil, jasa sewa sepeda motor pun bisa ditemukan di tempat-tempat tersebut. Bahkan, Anda juga bisa menyewa sepeda motor milik warga setempat. Tarif sewa dipatok sekitar 80 ribu per hari.

Posisi Pantai Tanjung yang berada di sisi jalan sehingga dilintasi juga oleh angkutan umum berjenis minibus elf. Anda bisa memanfaatkan jasa angkutan ini dengan tarif 20 ribu sekali jalan. Hanya saja, kendaraan ini beroperasi hampir dua jam sekali. Sehingga cukup memakan waktu jika terlambat mendapatkannya.

Soal penginapan Anda bisa dengan mudah menemukannya di Kota Ranai. Meski belum ada hotel berbintang namun fasilitas yang disediakan cukup nyaman untuk sekadar beristirahat. Bahkan, Anda bisa menemukan penginapan ala rumah kos yang bisa disewa per hari dengan tarif 30 ribu per hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *