Menonton Ribuan Bangau di Taman Cemara

Taman Burung Cemara Asri

Di Kota Medan, Sumatera Utara, terdapat sebuah taman yang dihuni oleh ribuan bangau, namanya Taman Burung Cemara Asri. Ya, begitulah taman ini disebut.

Taman ini seakan menjadi paru-parunya Kota Medan. Di tengah hiruk pikuk lalu lintasnya dengan tingkat polusi yang cukup mengkhawatirkan, taman ini menjadi solusi bagi warga Medan yang mendambakan udara segar.

Taman ini dirancang menjadi habitat buatan bagi unggas berkaki dan berparuh panjang tersebut. Luasnya satu setengah kali lapangan sepakbola. Dibuat mirip rawa-rawa. Tumbuhan ilalang ditanam di dalamnya sehingga membentuk semak belukar. Di dalamnya juga disebar pakan berupa katak sehingga bangau-bangau tersebut betah tinggal di taman tersebut.

Pada sebagian sisi tepi habitat bangau tersebut membentuk kolam seperti tambak. Ratusan ikan mas yang berebut makanan dapat disaksikan dari sisi pagar pembatas. Banyak anak-anak kecil yang melempar makanan kepada ikan-ikan mas tersebut.

Tidak hanya bangau, di sini juga terdapat beberapa fauna lainnya seperti ular sawah dan ribuan burung dara nan jinak yang dikandangkan di sebelah habitat bangau.

Ramai warga Medan yang berkunjung ke sini. Terutama pada sore hari atau akhir pekan. Disediakan juga beberapa bangku tempat bersantai di pinggirnya yang bisa digunakan untuk menyaksikan atraksi ribuan bangau putih yang beterbangan bagaikan salju.

Taman Burung ini terletak di kawasan nan luas komplek perumahan dan bisnis terpadu Cemara Asri. Meski begitu, taman ini terbuka untuk umum. Bebas masuk bagi siapa saja tanpa dikenakan tiket masuk alias gratis. Tidak hanya datang untuk melihat burung, sebagian warga memanfaatkan taman di sekitarnya untuk melakukan olahraga jogging.

6 thoughts on “Menonton Ribuan Bangau di Taman Cemara”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *