Cantiknya Mini Zoo Bintan di Taman Kijang

Taman Kijang dan Mini Zoo

Bintan terkenal sebagai daerah yang menyimpan potensi pariwisata bahari. Keindahan pantai di pesisir utaranya memang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke pulau yang berjiran dekat dengan Singapura ini. Tetapi tahukah Anda di pulau yang juga menaungi Ibukota Provinsi, Tanjungpinang, ini juga terdapat taman yang dipenuhi dengan aneka satwa. Ya, di pulau ini terdapat kebun binatang.

Bukan kebun binatang biasa. Karena kawasan ini dikonsep menarik dengan taman kota nan cantik di sekitarnya. Jadi, selain memanjakan mata melihat aneka jenis satwa, bisa juga menikmati taman kotanya yang dikonsep seperti wahana di tengah hutan.

Kebun binatang ini ukurannya tergolong kecil. Tidak luas sebagaimana di kota-kota besar. Meski begitu, koleksi fauna di dalamnya layaknya sebagaimana di kebun binatang besar. Meski tidak banyak, beberapa binatang buas tampak menghuni di didalamnya seperti buaya, beruang, ular, dll. Tentu saja kandang-kandang yang dihuni hewan-hewan tersebut sudah memenuhi standar keamanan bagi pengunjung.

Kebun binatang ini diberi nama Mini Zoo Bintan. Terletak di Kota Kijang, salah satu wilayah kecamatan di Kabupaten Bintan. Belum banyak wisatawan di luar Pulau Bintan yang mengetahui keberadaan tempat rekreasi keluarga ini. Lokasinya yang jauh dari pusat ibukota provinsi dan bersaing dengan tempat-tempat wisata terkenal di Bintan membuat Mini Zoo jarang diprioritaskan untuk didatangi oleh wisatawan.

Berlibur bersama keluarga ke Mini Zoo Bintan merupakan pilihan yang tepat. Apalagi dengan membawa sang buah hati, sembari mengenalkan hewan-hewan yang mungkin belum pernah dilihatnya. Seperti burung kasuari, ayam kalkun, kijang, aneka jenis primata, aneka jenis burung, dan aneka fauna lainnya. Aktifitas berlibur pun tidak sekadar untuk bersenang-senang tetapi juga bisa menambah wawasan.

Berjalan Di Atas Pohon

Berlibur ke Mini Zoo Bintan tidak sekadar melihat binatang, tetapi juga bisa untuk rileksasi. Lokasi kebun binatang mini ini terletak di simpang jalan besar yang masih jarang lalu-lalang kendaraan sehingga terkesan sepi dan tenang. Sejauh mata memandang yang terlihat adalah pepohonan dan rerumputan hijau.
Berwisata ke Mini Zoo Bintan tidak sekadar menyaksikan aneka fauna saja. Tetapi terdapat banyak suguhan destinasi menarik lain di sekitarnya. Tepat di sebelah kebun binatang ini terdapat taman kota yang cantik nan unik.

Di taman ini pengunjung dimanjakan dengan jalan setapak yang bercabang-cabang. Jalan setapak ini tidak seperti yang dibayangkan. Tidak menjejak di atas tanah melainkan berada di ketinggian 5 meter.

Konsepnya sedikit mirip dengan taman nasional di hutan Kalimantan. Hanya saja tidak menggantung di antara pepohonan. Juga tidak berbahan kayu sebagaimana jembatan gantung yang diikat dengan tali.

Taman Kijang Citywalk ini luasnya setara lapangan sepakbola. Jalan gantung nan tinggi ini memang menjadi incaran pengunjung. Tidak perlu khawatir bergoyang. Karena jalan gantung tersebut berbahan beton.

Bagian bawahnya ditopang oleh tiang-tiang besi. Lebar jalan setapak ini hanya satu meter. Tetapi panjangnya mampu membuat pengunjung merasa puas mengitarinya. Berjalan di ketinggian yang dikeilingi oleh rimbun pepohonan hijau akan menjadi pengalaman yang berkesan.

Di bawah jalan gantung tersebut terdapat padang rumput hijau yang juga bisa dijadikan pilihan. Tepat di seberang pintu turun dari jalan gantung ini terdapat lapangan bermain nan luas yang menyatu dengan lapangan basket.

Menuju Ke Sana

Mini Zoo Bintan terdapat di Kecamatan Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri. Di Pulau Bintan terdapat 2 wilayah otonomi: Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang. Sedangkan akses utama untuk menuju ke kebun binatang ini adalah melalui Tanjungpinang yang merupakan ibukota provinsi.

Dari Tanjungpinang menuju Mini Zoo Bintan dapat ditempuh selama 30 menit dengan menggunakan mobil atau sepeda motor. Posisi geografis Mini Zoo Bintan ini berada di ujung selatan Pulau Bintan. Berlawanan dengan Lagoi, kawasan wisata populer yang berada di pesisir utara yang masih berada di kabupaten yang sama.

Tempat persewaan mobil tersedia banyak di pusat kota Tanjungpinang. Tarif sewa sekitar 300 ribu per hari. Namun jika ingin menyewa sepeda motor langsung saja datangi tukang ojek yang banyak mangkal di sekitar pelabuhan Tanjungpinang. Tarif sewa sekitar 80 ribu per hari, tergantung negosiasi.

Wilayah Kabupaten Bintan terkesan lebih sepi dan tenang dibandingkan Tanjungpinang yang ramai. Sehingga banyak warga Tanjungpinang yang menghabiskan akhir pekan di kabupaten yang berjiran dekat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *